“System Thinking” Keharusan atau keperluan?

13 Aug 2017

Bagi seseorang yang sedang menimba ilmu dalam bidang kesehatan masyarakat, pernahkah kalian secara iseng menanyakan kepada teman seperjuangan kalian, atau bahkan diri kalian sendiri, suatu pertanyaan, “lo ngapain sih masuk kesmas?”. Saya pernah, dan beberapa jawaban yang diutarakan adalah, “gue dulu pengen masuk FK, tapi ditolak”. Oke, saya mulai penasaran bagaimana anggapan mereka yang sebelumnya berargumen seperti itu yang masih tetap memilih tinggal di kesmas dan telah menjalani beberapa tahun perkuliahan.

Menilik kembali ke beberapa waktu lalu, pada suatu seminar yang secara tidak sengaja saya ikuti, dengan pembicara adalah seorang dokter yang berpindah haluan menjadi seorang public health. Beliau sempat berkata bahwa beliau senang menolong orang sakit demam berdarah, tetapi beliau lebih senang membantu warga mencegah maraknya demam berdarah (Wibowo, adik. 2017).

Jika dilihat melalui cara berfikir yang coba dibagi oleh profesor tersebut, maka terbentuklah suatu sistem berfikir, yang mana mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu, menjadi satu kesatuan yang saling berkaitan. Keterkaitan sistem berpikir tersebut tercipta dalam bentuk pembingkaian, perencanaan tindakan, dan evaluasi yang sering mengabaikan kompleksitas dinamis permasalahan kesehatan masyarakat sehingga membuat respon tindakan kesehatan masyarakat begitu inovatif [1].

Menurut artikel yang ditulis pada laman United States Agency International Development, dikatakan bahwa pemikiran sistem merupakan ketrampilan inti dalam kesehatan masyarakat yang berfungsi membantu pembuat kebijakan dalam membangun program dan kebijakan yang menyadari kompleksitas dan dipersiapkan untuk konsekuensi yang tidak diinginkan [2].

Secara umum terdapat tiga kategori strategi berpikir sistem: visual, listening & speaking, dan kinesthetic. Jika ketiga kategori tersebut dapat dilakukan secara bersama, maka tidak akan menutup kemungkinan akan menjadikan seseorang berpikir secara sistematis[3].

 

Referensi

[1] Leischow  SJ and Milstein B. System Thinking and Modeling for Public Health Practice. 2006 Available from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1470500/. Accessed August 13, 2017

[2] United States Agency International Development (USAID). System Thinking in Public Health. Available from https://www.hfgproject.org/new-course-systems-thinking-in-public-health/. Accessed August 13, 2017

[3] Waters Foundation. System Thinking. Available from http://watersfoundation.org/systems-thinking/systems-thinking-strategies/. Accessed August 13, 2017

 


TAGS kesmas


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post